Surface Duo Mulai Diperkenalkan Microsoft

WTC Surabaya - tampilan layar surface duo

Surface Duo Mulai Diperkenalkan Microsoft

Surface Duo, ponsel lipat dua layar Microsoft berbasis Android.

 Web Hosting

Ponsel lipat Surface Duo

Microsoft termasuk salah satu raksasa software asal negara Paman Sam. Eksistensi Microsoft di dunia teknologi global memang tak pernah diragukan lagi. Raksasa software ini, telah menyumbang banyak pada revolusi teknologi yang ada di dunia. Banyak produk dari perusahaan ini yang laku keras di pasaran global.

Pada masa berkembangnya ponsel berbasis Android, Microsoft mencoba peruntungan dengan ikut terjun bersaing dengan meluncurkan ponsel dengan sistem operasi yang dinamai Windows Phone. Produk ini, sayangnya gagal menarik perhatian dan minat konsumen global jika dibandingkan dengan ponsel yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan pesaingnya sehingga akhirnya dihentikan pengembangan dan pembaharuannya pada tahun 2017.

Setelah beberapa tahun mengalami vakum dalam kancah ponsel, raksasa software ini siap kembali bersaing dengan perusahaan ponsel lainnya. Dibuktikan dengan diperkenalkannya ponsel terbaru mereka berbasis Android yang bisa dilipat. Microsoft Product Chief, Panos Panay, menyatakan bahwa Microsoft bekerja sama dengan Google, akan sama-sama membawa hal terbaik untuk dibawa ke produk ini. Perkenalan dan peluncuran ponsel lipat yang diberi nama Surface Duo ini dilakukan di New York pada minggu ini. Ponsel terbaru mereka ini mempunyai dua layar yang dapat dilipat, yang jika diperhatikan sekilas mirip dengan Sony Tablet P.

WTC Surabaya - surface duo (kiri) dan surface neo (kanan)
surface duo (kiri) dan surface neo (kanan) (The Verge)
WTC Surabaya - Microsoft Product Chief Panos Panay
Microsoft Product Chief Panos Panay (The Verge)

Web Hosting

Spesifikasi Surface Duo

Spesifikasi dari ponsel ini tidak terlalu banyak dibocorkan oleh pihak Microsoft pada waktu perkenalannya. Surface Duo memiliki sistem operasi Android yang agak mirip dengan Windows 10X yang dipunyai oleh laptop dual-screen bernama Surface Neo yang diperkenalkan secara bebarengan. Jika dibandingkan dengan ponsel lipat lain yang memang pada saat ini sedang “booming” dan “tren”, si Surface Duo ini terdiri dari dua panel terpisah yang terdapat celah diantara keduanya.

Pada layar ponsel ini, ditanamkan layar sebesar 5,6 inci yang jika direntangkan menjadi 8,3 inci. Selain itu, layar tersebut dapat diputar 360 derajat. Aplikasi yang berbeda dapat di jalankan pada masing-masing layar dalam waktu yang bebarengan. Misalnya saat layar yang satu kita gunakan dalam mode landscape untuk bermain game atau mengerjakan sesuatu, di layar yang lainnya dapat digunakan sebagai pengendali game atau alas keyboard. Dikutip dari The Verge, Surface Duo diperkirakan akan menggunakan dapur pacu Snapdragon 855.

Walaupun sudah diperkenalkan pada bulan ini, pihak Microsoft masih ingin mengembangkan dan menambahkan fitur-fitur untuk produk ini agar lebih sempurna yang nantinya siap dipasarkan di konsumen. Rencana perilisan produk ini diperkirakan pada tahun 2020 awal.

WTC Surabaya - tampilan layar dengan penggunaan keyboard
tampilan layar dengan penggunaan keyboard (The Verge)

Perkenalan Surface Duo oleh Microsoft

SPESIFIKASI PRODUK

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Surface Duo Mulai Diperkenalkan Microsoft