Web Hosting

Baru, Google Pixel 4 Akan Rilis

Baru, Google Pixel 4 Akan Rilis – Pada 2016, setelah hampir tujuh tahun perangkat Nexus, Google akhirnya mulai menganggap serius pasar smartphone. Seri Pixel, yang menggabungkan stok Android dengan kamera hebat dan desain yang unik, diumumkan pada awal Oktober sebagai pesaing pertama perusahaan iPhone dan Galaxy.

Generasi pertama perangkat berkinerja relatif baik dalam hal penjualan, seperti yang dilakukan masing-masing penerusnya pada tahun 2017. Tetapi apa yang seharusnya memperpanjang pertumbuhan tahun lalu pada akhirnya ternyata menjadi kemunduran besar bagi perusahaan. Pixel 3 flagships didiskon secara permanen karena penjualan rendah dan hanya Pixel 3a mid-range yang menghasilkan hasil positif. Sekarang, dengan seri Pixel 4 yang berjarak kurang dari tiga bulan, saya percaya masa depan bisnis smartphone Google sangat tergantung pada keberhasilannya.

Upaya pertama Google untuk menargetkan konsumen

Meskipun jauh lebih populer daripada garis Nexus yang digantikannya, seri Pixel Google tidak pernah menarik konsumen arus utama dengan cara yang sama seperti iPhone Apple atau Samsung Galaxy karena berbagai alasan. Tetapi tahun ini perusahaan akhirnya mencoba mengubah ini.

Dimulai dengan desain, gambar resmi, dan render berbasis CAD berikutnya telah mengonfirmasi bahwa Google mengabaikan konstruksi dua nada merek dagangnya. Sangat suka dengan tampilan ini sejak awal dan akan sangat merindukannya, tetapi untuk memahaminya tidak semua orang dan menghapusnya karena akan membantu memperluas daya tarik smartphone Pixel.

Google juga menambahkan lebih banyak kamera ke bagian belakang ponselnya. Perangkat lunak perusahaan telah membantunya mengikuti kompetisi hingga sekarang, tetapi tidak dapat disangkal bahwa pengaturan kamera Pixel 3 tidak memiliki banyak fleksibilitas jika dibandingkan dengan flagships terbaru Samsung. Sensor tambahan Pixel 4 akan membantu menjembatani kesenjangan ini dan juga menarik perhatian lebih banyak orang. Bagaimanapun, sebagian besar konsumen akhir-akhir ini percaya bahwa banyak kamera lebih baik daripada hanya satu.

WTC Surabaya - Google Pixel 4 Image 1

Fitur lain yang layak ditunjukkan adalah modul kamera persegi baru di bagian belakang. Terlepas dari apa yang akan dikatakan beberapa orang, tata letak mungkin dipilih karena hasil fotografis yang dihasilkannya. Namun demikian, kesamaan desain dengan iPhone 11 Apple pada akhirnya akan membantu Google dalam jangka panjang karena konsumen akan menjadi lebih menerima bentuk dan ukurannya.

Mengenai desain panel depan, apa yang dilaporkan Google telah rencanakan tampaknya bermil-mil lebih baik daripada notch Pixel 3 XL atau bezel tebal Pixel 3. Ditambah lagi, area di atas layar akan dikemas penuh dengan teknologi baru yang unik. Adapun sisi internalnya, Pixel 4 tidak mungkin untuk membawa upgrade besar yang akan mengubah persepsi konsumen dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Namun satu hal yang akan diperluas adalah ketersediaan operator.

Jajaran Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3 semuanya diluncurkan sebagai Verizon eksklusif namun pada awal Mei Google mengejutkan kami semua dengan bermitra dengan T-Mobile dan Sprint untuk menjual ponsel. Langkah ini telah membantu membuat seri Pixel 3a sukses dan pada akhirnya harus membantu membuat opsi utama perangkat Pixel 4.

Tidak ada jaminan seri Pixel 4 akan berhasil

Meskipun segala sesuatu tampak lebih positif untuk seri Pixel 4 daripada penawaran Google sebelumnya, tentu saja tidak ada jaminan bahwa smartphone generasi berikutnya akan sukses secara komersial. Seperti yang ditunjukkan Motorola pada tahun 2017, lebih banyak operator dan kampanye pemasaran besar tidak menjamin penjualan yang kuat.

Karena Moto Z Force asli berkinerja baik pada tahun 2016 sambil menjadi eksklusif Verizon, Motorola memutuskan untuk memperluas ketersediaan Moto Z2 Force pada tahun berikutnya untuk menyertakan semua operator utama. Di atas kertas, langkah itu masuk akal. Ponsel asli ini menarik perhatian konsumen berkat Moto Mods yang unik dan perangkat generasi kedua yang dibangun berdasarkan ini dengan menambahkan pengaturan dua kamera ke belakang dan mengikuti beberapa tren lainnya. Dikombinasikan dengan ketersediaan operator yang diperluas dan anggaran pemasaran yang besar, Moto Z2 Force tampak siap untuk sukses. Tapi itu tidak pernah terjadi. Antara rilis Agustus dan akhir Oktober, kurang dari 150.000 unit dikirimkan. Sebagai perbandingan, Apple dan Samsung dapat menjual jumlah itu hanya dalam beberapa jam saat peluncuran.

WTC Surabaya - Google Pixel 4 Image 2

Google diakui dalam posisi yang sedikit lebih baik daripada Motorola ketika datang ke pasar premium. Itu adalah merek ketiga terbesar setelah Apple dan Samsung. Tetapi itu akan menghadapi beberapa persaingan yang sangat kuat dalam bentuk trio iPhone 11 dan Galaxy Note 10 duo. Karena itu, juga harus sangat berhati-hati dalam hal penetapan harga. Harga terlalu tinggi dan itu akan berisiko memperlambat penjualan dan bisa dipaksa untuk memangkas harga secara permanen seperti yang telah dilakukan dengan seri Pixel 3, oleh karena itu merugikan laba.

Jika Pixel 4 berkinerja buruk, masa depan bisnis smartphone Google berisiko

Pada akhirnya, hanya waktu yang akan menunjukkan bagaimana konsumen bereaksi terhadap kumpulan flagships Pixel berikutnya. Tetapi jika peluncuran gagal membawa bisnis smartphone Google ke tingkat selanjutnya, apakah bersaing di pasar benar-benar masuk akal bagi perusahaan?

Google menginvestasikan jutaan tahun ini ke dalam teknologi baru seperti radar Project Soli dan pengaturan kamera baru untuk smartphone generasi berikutnya. Mungkin juga akan menghabiskan lebih banyak dari sebelumnya untuk mengiklankan ponsel Pixel 4 kepada konsumen. Tetapi jika penjualan buruk, profitabilitas bisnis unggulan tidak diragukan lagi akan terpengaruh secara besar-besaran dan laba atas investasi akan minimal. Pada gilirannya juga dapat mempengaruhi seri Pixel mid-range.

Baru, Google Pixel 4 Akan Rilis

Saat ini Google menyebarkan biaya perangkat keras kamera premiumnya di seluruh jajaran Pixel 3 dan Pixel 3a, tetapi jika bisnis andalannya menjadi tidak menguntungkan itu akan memberi lebih banyak tekanan pada jajaran produk mid-range perusahaan dan pada akhirnya dapat menghasilkan laba yang lebih kecil di segmen itu atau mungkin kenaikan harga yang bisa mengakibatkan penurunan penjualan. Dengan demikian, masa depan bisnis smartphone Google akan dipertanyakan.

Perusahaan tak dapat disangkal memiliki banyak yang dipertaruhkan tahun ini. Jika Google memainkan kartunya dengan benar dan tidak melebih-lebihkan permintaan, seri Pixel 4 dapat dengan mudah menandai awal dari era pertumbuhan baru. Namun, satu langkah yang salah dapat membahayakan masa depan Pixel dan berpotensi memaksa mundur dari segmen tersebut, yang tidak akan menjadi yang pertama bagi raksasa internet. Awal tahun ini, ia secara resmi keluar dari pasar tablet Android dan memfokuskan kembali upayanya pada segmen smart speaker dan Chromebook yang lebih menguntungkan.

WTC Surabaya - Google Pixel 4 Image 3